Banyak sekali yang mengeluh masalah ninja yang susah hidup apabila sudah 12jam lebih gk di hidupkan.
entah emang udah dari sananya atau ada masalah lainnya.
ada beberapa trik yang mungkin dapat membantu teman-teman semua untuk mengatasi masalah ini.
cara pertama yaitu:
1.Tutup kran bensin setiap memarkirkan sepeda motor anda dalam keadaan mati.
2.engkol mesin 5-10 kali dalam keadaan mati.
3.buka kran bensin kembali.
4.putar kunci kontak dalam keadaan ON dan engine cut juga dalam keadaan ON , lalu engkol mesin kembali.tara ngrok-ngrok-ngrok-ngrok mesin dapat hidup.
weiks masih gak mau idup juga tuh mesin,oke apabila cara no 2-4 belum bisa, ada cara kedua yaitu :
1.ganti spuyer(pilot jet) karburator standart (mikuni VM 28 “22,5” )
anda dan naikkan jadi 1-2 step menjadi 25 / 27,5
2.seting ulang putaran angin karburator.
apabila ke dua cara tersebut belum dapa mengatasi masalah anda juga,
sebaiknya bawa ke bengkel langganan anda / bengkel yang memang
terpercaya dan sering memagang motor jenis ini.
dari pengalaman yang saya tahu dan saya alami sendiri , biasanya
kalau motor susah hidup itu karna setingan bahan bakar pada karburator
yang terlalu kaya/gemuk/basah dan juga bisa terlalu kering.
untuk karburator yang setingannya terlalu kering saya kurang tahu persis
apa ciri2nya kalau dalam keadaan mati atau sedang tidak hidup mesinnya.
kalau untuk karburator yang terlalu kaya/gemuk/basah biasnaya di tandai
dengan body karburator yang berembun dan kalau di pegang terasa dingin
seperti habis kesiram es apabila kita habis jalan baik jarak dekat atau
jauh bahkan kalau cuma sekedar memanaskan mesin aja.
dari pengalaman ini saya telah mencoba dua trik di atas dan berhasil alias lancar jaya selama ini.
setingan karburator sendiri sangat di pengaruhi suhu lingkungan sekitar,
seperti udara atau suhu yang ada di sekeliling motor anda.
selamat mencoba deh untuk motor sobat yang 2 tak khususnya..
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 komentar:
Post a Comment